Kunjungan ke Sentra PAUD Kemendikbud

Posted by

Sudah lama sekali saya ingin mengajak anak-anak berkunjung ke Sentra PAUD Kemendikbud. Info tentang tempat ini saya dapatkan dari postingan -entah siapa saya lupa- di Facebook. Sangat tertarik mengunjunginya karena dengar-dengar Sentra PAUD Kemendikbud adalah perpustakaan anak dengan koleksi buku dan mainan yang banyak plus GRATIS masuknya.

Sebenarnya, kalau mau dibilang perpustakaan anak juga kurang tepat, karena ternyata Sentra PAUD Kemendikbud ini sendiri dibuka sebagai bahan rujukan bagi pengembang maupun pengelola lembaga atau program PAUD di Indonesia. Maka daripada itu, sentra yang dibuka sejak 24 Maret 2014 ini, gak hanya memiliki koleksi buku yang banyak seperti perpustakaan, tapi juga memiliki media pembelajaran lain untuk anak yang (seharusnya) bisa dijumpai di PAUD.

Ketika saya berkunjung ke sana, hal-hal ini yang cukup menarik perhatian saya:

  • Tempatnya memang tidak cukup besar tapi pilihan permainan edukatifnya cukup banyak, bervariasi, dan (kebanyakkan) baru, bahkan masih ada yang diplastikkin belum dibuka. Permainan edukatif yang ada ditata sedemikian rupa di dalam rak-rak dinding berdasarkan usia, dimulai dari usia 0-4 tahun dan 4-6 tahun.
Main stacking cups bersama. Ayah bagian menyusun. Si baby bagian merobohkan πŸ˜€
Beberapa permainan di sentra
Belajar suku kata
Beberapa permainan di sentra
Beberapa permainan di sentra
  • Pilihan buku yang juga banyak dan bervariasi. Mulai dari buku cerita anak yang bergambar hingga buku ensiklopedia anak. Koleksi bukunya cukup uptodate loh. Di sana saya sempat membacakan beberapa buku ke anak saya, buku cerita tentang menjaga kebersihan sungai dan tentang bagaimana menjadi kakak yang menyenangkan. Oya, ada juga buku-buku untuk orang tua atau pendamping anak dari buku parenting, psikologi, dll.
Beberapa koleksi buku di sentra. Masih banyak lagi yang lainnya.
  • Ada 2 booth menarik di mana anak bisa bermain peran, yaitu booth sop buah dan siomay. Anak saya yang pertama langsung main di booth siomay pas pertama kali masuk ke sini. Cukup lama dia main di kedua booth tersebut. Bermain peran sebagai pedagang sop buah dan siomay yang melayani pelanggannya (baca: ayah bunda sama adiknya haha). Eh, tapi ada juga loh pegawai Kemendikbud yang lagi berkunjung ke sentra dan menanggapi anak saya dengan ikutan memesan dagangannya. She was so nice πŸ˜€
Lagi jadi pedagang siomay
Lagi jadi pedagang sop buah
  • Ada pojok yang menyediakan baju dari beragam profesi. Gak usah khawatir dipungut bayaran untuk mencobanya. Semua GRATIS di sentra. Ada profesi dokter, pemadam kebakaran, suster, dan lain sebagainya. Selain baju profesi, saya juga melihat ada kostum kelinci dan peri.
Pilih mau jadi apa? πŸ˜€
Aku jadi chef! πŸ˜€
Senyum-senyum sambil megang kapak. Agak gimana gituuu hahaha..
  • Kamar mandi/toilet di dalam sentra untuk anak-anak. Jadi, gak perlu repot ke luar sentra kalau anak-anak ingin ke kamar mandi. Selain itu, toiletnya juga disediakan yang versi mini untuk anak-anak. Sayangnya, gak ada sabun di dalam kamar mandinya. Agak repot jika ternyata anak mau buang air besar. Semoga ke depannya, disediakan sabun juga di sana
  • Ada kamar berisikan tempat tidur anak lengkap dengan bantal guling dan box bayi (yang sayangnya boxnya tidak ditata karena mungkin jarang dipakai). Saya memanfaatkan kamar tersebut untuk menggantikan popok dan menyusui anak kedua saya. Lumayan banget lah bisa rehat sebentar di situ.

Untuk yang mau berkunjung juga ke Sentra PAUD Kemendikbud berikut hal-hal yang perlu dicatat:

  • Alamat Sentra PAUD Kemendikbud: Gedung E lantai 7, Kemendikbud, Senayan, Jakarta Pusat.
  • Operasional: Senin-Jumat, jam 08.00-16.00. Istirahat: jam 12.00-13.00. Sabtu dan Minggu tutup.
  • Berdasarkan keterangan dari petugas yang berjaga di Sentra PAUD, hari Sabtu yang buka adalah PAUD KM 0 atau PAUD Kilometer 0. Lokasinya lebih luas dan koleksi buku serta permainan edukasinya lebih banyak daripada Sentra PAUD. Apa sih PAUD KM 0? Adalah PAUD yang digadang-gadang menjadi PAUD percontohan di Indonesia. Baru diresmikan oleh Pak Anies Baswedan Juni 2016 lalu. Katanya, PAUD KM 0 ini dibuka untuk masyarakat umum tiap Sabtu jam 08.00-13.00. Jadi penasaran juga pengen ngintip dalemnya. Tapi, mengingat perjuangan di jalanan menembus macet ke sana saya masih ragu hahaha.
  • Tidak bisa membawa makanan dan minuman ke dalam Sentra PAUD. Tas juga harus ditaruh di loker yang disediakan gratis oleh sentra. Karena itu, pastikan si kecil sudah terpenuhi kebutuhan akan makan dan minumnya ya sebelum diajak main di dalam sentra.
  • Cari parkir kendaraan agak sulit! Kemarin akhirnya saya parkir di Plaza Fx dan rela jalan cukup jauh ke sentra. Sebenarnya sih parkir di gedung F bisa juga ya. Hanya saja udah keburu puyeng liat banyaknya orang dan kendaraan di sana. Kalau mau ke sana, mungkin mendingan naik motor ya atau busway, sekalian untuk menghindari stress karena muaceeet di jalanan luar.

Buat saya sekeluarga, kunjungan ke Sentra PAUD Kemendikbud kemarin cukup menyenangkan. Bagian yang tidak menyenangkan adalah perjalanan menuju dan pulang dari sana. Hahaha. Luarrrr biasa macet waktu itu. Total yang kami habiskan di kemacetan jalanan ada kali sekitar 4-5 jam. Serasa perjalanan ke luar kota aja loh. Terimakasih yang tak terhingga untuk ayahnya anak-anak yang sudah rela mengantarkan kami ke sana. Maafkan bunda, jangan kapok ya kalo suka diajak ngebolang xD

Seandainya sentra semacam ini ada juga di Depok dan juga buka di hari Sabtu atau Minggu, mungkiiiiin saya sekeluarga bakalan sering main-main deh ke sana. Karena lebih terjangkau, baik dari segi lokasi maupun waktu πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *