Menabung di Botol

Posted by

​Tahun ini kami sekeluarga memiliki beberapa target yang membutuhkan modal cukup besar. Suami memiliki keinginan untuk menutup rumah bagian belakang yang saat ini ditumbuhi rerumputan liar dan beberapa pohon pisang. Halaman carport pun rencananya mau diberi kanopi. Dia juga punya target untuk mengambil tes IELTS guna mendaftar S2. Ada pula rencana memiliki bisnis baru di pertengahan tahun. 

Kalau dihitung-hitung total uang yang dibutuhkan sebagai modal bisa puluhan juta. Banyak ya. Maka perencanaan keuangan harus dibuat sebaik-baiknya. Saya dan suami berdiskusi lalu memutuskan bahwa SALAH SATU cara mengumpulkan modal adalah dengan menabung di botol. 

Iya, di botol. Bukan di bank. Karena sepengalaman kami, menabung di botol itu lebih tertarget. Karena uang yang ditabung bisa dilihat dengan mata sendiri. Di situ lalu timbul semangat untuk semakin rajin memasukkan uang ke dalam botol. Menabung di botol juga gak bakalan dengan mudah diambil seperti menabung di bank di mana kita mudah banget menarik uangnya via ATM. Kalau di botol, mau narik uangnya kudu memotong botol tersebut dengan pisau. Terus kalau nabung di botol lebih gak tergoda untuk ngambil duitnya buat keperluan konsumtif. Kalau uangnya di tabungan pasti gak mikir panjang untuk dibelanjakan lewat online. Fasilitas internet banking atau mobile banking yang mempermudah kita belanja tinggal klak klik dari HP sungguh menggoda kalo buat saya hehe. BTW, sebelum ini kami pernah juga menabung di botol untuk keperluan melahirkan anak ke-2 tahun lalu. Maklum biaya persalinannya juga harus ditanggung sendiri karena suami sudah jadi freelancer. Alhamdulillah, dari hasil menabung di botol, saya dan suami bisa mengumpulkan sekitar 3/4 biaya persalinan untuk kemudian ditambah sedikit dari tabungan kami di bank. 
Untuk rencana tahun ini pun sama. Saya dan suami memutuskan menabung di botol dengan target bisa digunakan untuk keperluan di bulan Juli. Kami menyepakati minimal uang yang ditabungkan SETIAP HARI adalah Rp 20.000. Di atas itu? Ya boleh pake banget. Semoga saja, rencana kami diberkahi Allah dan diberi kelancaran serta kemudahan dalam mencapainya.

#hari9

#tantangan10 hari

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *