Belajar Berhitung dengan Memasukkan Kelereng ke Botol

Posted by

Kita sebagai orang tua tentu paham bahwa bermain buat anak itu udah seperti makanan wajib sehari-hari. Dengan bermain, anak akan banyak bereksplorasi. Merasakan berbagai macam hal, mendapatkan pengalaman langsung dan secara tidak disadari belajar banyak hal dari bermain.

Memasukkan Kelereng ke Dalam Botol

Kemarin, ngajak anak tertua saya, Hani (5 tahun) main yang simple aja. Kami main memasukkan kelereng ke dalam botol. Walau sederhana, bermain memasukkan kelereng ke dalam botol dapat menstimulasi kecerdasan kinestetik dan melatih gerakan motorik halusnya. Karena anak akan belajar bagaimana menggunakan sendok untuk mengambil kelereng yang licin. Buat Hani, menyendok kelereng ini juga menguji kesabaran dan konsentrasinya. Walau sudah bisa menyendok, ada kalanya kelereng yang licin itu terjatuh dari sendok. Kalau terburu-buru mengambilnya, tentu kelerengnya bisa terjatuh lagi. Hani sempat sedikit sewot juga karena kelerengnya jatuh-jatuhan terus haha. Udah gitu, saya tidak memperbolehkan ia mengambil kelereng dengan bantuan tangan. Harus menyendok! Syukurlah lama-lama Hani menemukan ritmenya dan bisa fokus menyendok kelereng. Bahkan sekali sendok bisa memasukkan sampai 3 kelereng sekaligus.

Permainan bisa juga dimodifikasi dengan meminta anak memasukkan kelereng sejumlah yang kita minta. Di akhir, mintalah ia menghitung total kelereng di dalam botol. Kecerdasan logika matematiknya pun ikut distimulasi. Lihat di video berikut ini:

Alat yang dibutuhkan sederhana, hanya:
– botol bekas yang moncongnya kecil (pakai botol bekas air mineral pun jadi)
– kelereng
– sendok

Hani sampai 5x mengulang-ulang main ini loh. Kalo Hani, tentu sambil dimodifikasi dengan bermain penambahan sederhana. Ide bermain ini terinspirasi dari web #30harimain bersama #morinaga Cek morinagaplatinum.com/30HariMain yuk! Masih buanyaaak ide main lainnya di sana!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *