Seimbangkan Lompatanmu!

Posted by

Kali ini, saya mengajak anak saya untuk bermain lompat-lompatan. Karena hampir semua anak suka melompat deh kayaknya. Tapi, tunggu. Kali ini ada tantangannya!

Melompatnya harus dengan satu kaki. Selain itu, tidak boleh asal melompat loh. Anak harus melompat ke bentuk tertentu dengan warna tertentu yang saya perintahkan. Sambil belajar keseimbangan, fokus, juga konsentrasi, anak sekalian belajar mengenal bentuk-bentuk dan warna. Untuk anak dengan usia sekitar 5 tahun yang pastinya sudah hafal bentuk dan warna, tantangannya bisa dinaikkan levelnya. Misalkan, bentuk-bentuk yang dikenalkan tidak hanya bentuk dasar (persegi, persegi panjang, lingkaran, segitiga). Kenalkanlah bentuk yang lebih rumit, seperti oval, belah ketupat, jajar genjang, trapesium, segi lima, heksagonal, dan sebagainya.

Alat bermain:

  • kertas karton warna warni (saya pakai kertas buffalo). Pakai kertas origami juga boleh
  • gunting

Cara bermain:

  • guntinglah berbagai macam bentuk dengan menggunakan kertas karton warna warni. Jika anak sudah bisa menggunting, mintalah ia membantu Anda mengguntingnya
  • letakkan bentuk-bentuk dengan berbagai macam warna tersebut di lantai. Bebas di mana saja, yang penting anak mudah menjangkaunya dengan lompatan
  • mintalah anak berdiri satu kaki terlebih dahulu di salah satu bentuk
  • lalu, mintalah ia melompat ke bentuk lainnya dengan tetap mengandalkan satu kaki. Misal: “Sekarang, lompat ke oval hijau!”. Jangan lupa, semangati anak untuk selalu menjaga keseimbangan lompatannya!
  • selamat bermain!

Buat anak saya, Hania, permainan ini sangat menantang! Karena ia harus belajar menyeimbangkan tubuhnya ketika melompat dengan satu kaki. Kadang ia terjatuh, tapi sering juga ia berhasil. Selain menstimulasi kecerdasan kinestetik, permainan ini jg melatih kecerdasan visual spasial melalui pengenalan bentuk-bentuk dan warna.

Sudah bermain dengan anak hari ini? Bingung cari ide bermain setiap harinya?

Mampir aja mom, ke web http://www.morinagaplatinum.com/30HariMain/ Dapatkan banyak ide bermain di sana!

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *