Naik Level

Posted by

​Jika satu skill kemandirian anak sudah cukup dirutinkan, berikutnya apa? Naik level yuk! Naik level di sini gak berarti belajar skill baru yang sangat berbeda dari sebelumnya. Bisa jadi pengembangan dari apa yang sudah dipelajari.

Misalkan, anak saya sudah bisa rutin makan sendiri. Next, saya minta dia untuk membereskan peralatan makannya sehabis makan. Piring dan gelas kotor taruh di bak cuci piring. Sedangkan sisa makannya dibuang di tong sampah. Walaupun di sekolahnya juga sudah diajarkan demikian tapi kalau di rumah urusan beres membereskan ini masih harus dimotivasi. 

Kalau untuk mencuci piring, gelas, dan sendok kotor, anak saya alhamdulillah suka sekali. Dia sering menawarkan bantuan ke saya ketika lagi sibuk mencuci piring di dapur. Mungkin dia pikir seru ya. Sambil main air! Sejak usia 3 tahun saya sudah mengizinkannya membantu saya, tapi untuk bagian membilas cuciannya dari sabun. Sehingga lama kelamaan dia cukup terbiasa untuk urusan mencuci piring kotor. 

Selain konsistensi, pengenalan kemandirian kepada anak ini memang sifatnya bertahap. Sesuaikan dengan kondisi anak. Dan jangan ragu untuk mengenalkannya sejak dini. Insya Allah, kemandirian ini akan jadi bekal yang sangat berharga untuk masa depan anak. 

#Level2

#KuliahBunSayIIP

#MelatihKemandirian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *