Tantangan Berikutnya!

Posted by

​Jika sudah selesai dengan satu urusan yuk berpindah ke urusan lainnya. Kalau anak sudah cukup menguasai satu skill kemandirian yuk ajari yang lainnya. Alhamdulillah, Hani sudah mulai terbiasa makan sendiri. Karena itu, saya beri ia tantangan kemandirian yang baru.

Apa ya? Tantangan berikutnya adalah.. Belajar bertanggung jawab terhadap urusannya sendiri. Meliputi belajar menyiapkan keperluan sekolahnya ataupun keperluan ekskul juga keperluan bermainnya ketika lagi di toko secara mandiri. 

Sebenarnya, Hani sudah bisa diminta menyiapkan keperluan sekolahnya sendiri. Dia sudah beberapa kali melakukannya.  Hanya saja hal ini belum dikonsistenkan. Karena itu, pas ada momennya, saya akan berusaha kembali membiasakannya.

Hari pertama dari tantangan ini dimulai Sabtu lalu. Ketika Hani akan les renang untuk pertama kalinya. Hani sangat sangat bersemangat. Saya lantas memanfaatkan momen ketika Hani sedang semangat tinggi untuk menyiapkan perlengkapan renangnya sendiri.

Hani setuju. Dia mengambil tas, lalu membungkus baju renang dengan plastik kresek baru menyimpannya di dalam tas. Dia juga membawa sabun cair untuk keperluan membilas badan. Saya hanya membantu sedikit dengan mengambilkan barang-barang yang tidak bisa ia jangkau lalu memintanya menyimpan dalam tas. 

Meminta anak untuk menyiapkan keperluannya sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit. Kita sebagai orang tua bisa membantu mereka dengan memberi pemahaman akan kegiatan yang hendak dilakukan. Beri ilmu terlebih dulu tentang alat atau bahan yang diperlukan ketika berkegiatan. Sehingga anak tidak bingung harus menyiapkan apa saja untuk keperluannya. Jangan sampe sekeranjang penuh mainan turut dibawa-bawa juga dalam tas anak Anda karena mereka bingung apa yang harus dibawa hehehe 😁

#Level2

#KuliahBunSayIIP

#MelatihKemandirian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *