Mulai Lebih Pagi

Posted by

​Anak saya yang pertama biasanya bangun sekitar pukul 06.00 atau 06.30 setiap harinya. Padahal tidurnya sejak jam 19.30 atau 20.00 malam. Tidur malamnya memang nyenyak karena efek dia tidak pernah tidur siang. Tidur malam jadi semacam saat untuk membalas kekurangan istirahat di siang harinya.

Sekolah si Kakak sendiri sebenarnya dimulai sejak pukul 07.00. Untuk anak-anak yang bisa datang pukul 07.00, maka mereka akan dapat waktu untuk mengaji dan bermain bebas di halaman. Kalau datang telat? Ya gak dapat waktu mengaji dan main bebas. Kegiatan di dalam kelas sendiri baru mulai pukul 07.30 sih.

Untuk kakak yang lebih sering bangun jam 06.00 atau 06.30, sampai di sekolah sekitar pukul 07.00 itu rasanya sedikit sulit. Seringnya nyampe sekolah sekitar jam  07.30 haha. Padahal untuk beberapa hal juga udah dibantu sama saya dari segi persiapan ke sekolahnya, seperti memandikan, menyiapkan baju sekolah, baju ganti sehabis pulang sekolah, tas sekolah beserta isinya. 

Nah, gimana ya kalo persiapan ke sekolah ini saya jadikan tantangan bagi kakak untuk dikerjakan mandiri? Kemarin kan next challenge-nya mempersiapkan sendiri kebutuhan dirinya, misal untuk berangkat sekolah. Kalo saya sih kebayangnya, segala proses di pagi hari itu akan berjalan lebih lambat aaaa. Duh bisa-bisa masuk sekolahnya lebih telat lagi nih XD

Saya pun coba memikirkan solusinya. Gimana ya, supaya anak tetap mandiri tapi juga tidak mengganggu ritme di pagi hari? Solusi pertama yang terpikir adalah membangunkan Kakak lebih pagi daripada biasanya. 

Dengan bangun lebih pagi, kegiatan bisa dimulai lebih awal juga. Syukurlah, baru saja Kakak dapat hadiah jam yang ada alarmnya.  Sehingga jam tersebut bisa membantu membangunkan Kakak lebih awal. Terimakasih loh Hafidh hadiahnya sangat berguna. 

Oya, kalau dalam Islam sendiri, bangun pagi ini banyak keberkahannya. Sesuai dengan bunyi hadits berikut ini:
“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.” (HR. Abu Daud no. 2606, Tirmidzi no. 1212 dan Ibnu Majah no. 2236. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Yuk semangat bangun dan mulai kegiatan lebih pagi! 

#Level2

#KuliahBunSayIIP

#MelatihKemandirian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *