Kakak dan Kemandirian

Posted by

​Alhamdulillah, Kakak termasuk anak yang punya keingintahuan besar dan suka belajar untuk hal-hal yang menarik minatnya. Termasuk mempelajari apa-apa saja yang biasa dilakukan kedua orang tuanya. Dari memasak, memotong-motong bahan masakan, menjemur pakaian, mengangkat jemuran, menyapu, mengepel, dan lain sebagainya.

Nah saat-saat seperti ini, cocok banget dijadikan media menumbuhkan kemandirian pada anak. Jangan suka melarang anak-anak bereksplorasi terhadap kegiatan rumah. Biarkan ia mencoba sambil kita arahkan dan perhatikan. Berikan kepercayaan kepadanya, bahwa ia bisa bertumbuh dan punya kemampuan untuk mengerjakan apa yang orang dewasa bisa kerjakan. Kelak, jika ia sudah dewasa nanti, ia akan tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri, mandiri, dan suka menolong orang lain. 

Hari ini, kakak melakukan banyak hal yang bisa mengasah kemandiriannya. Dia membantu Bunda mengangkat jemuran dan memasukkannya ke plastik. Dia juga belajar memotong keju sendiri untuk dijadikan cemilannya. Pisau yang digunakan adalah pisau asli. Dia pun belajar melipat mukena dan sarung lalu memasukkannya ke tas. 

Terimakasih ya kak!
I’m proud of you. Maafin Bunda jika dalam proses belajarmu menuju mandiri, terkadang Bunda suka tergesa. Terkadang ketidaksabaran itu muncul dan emosi menjadi negatif. Maaf ya. Semoga Bunda bisa lebih sabar membersamaimu. Semoga kelak Kakak akan tumbuh jadi pribadi mandiri yang bisa bermanfaat untuk orang lain. 

#Level2

#KuliahBunSayIIP

#MelatihKemandirian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *