Liburan Keluarga di Kota Batu: Batu Night Spectacular (BNS)

Posted by

Akhir Februari lalu, saya, suami, dan anak-anak akhirnya berkesempatan jalan-jalan lagi yang agak jauh. Alhamdulillah! Kalau tahun lalu, kami pergi ke Taman Safari Bogor. Sedangkan tahun ini berkesempatan jalan-jalan ke kota Batu, Jawa Timur.

Baca juga: Liburan ke Taman Safari Indonesia

Di kota Batu, kami menghabiskan waktu selama 3 hari 3 malam, kemudian lanjut ke kota Malang selama 2 hari 1 malam. Lebih lama ya di kota Batu? Iya, karena di Batu lebih banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, terutama jika membawa anak-anak! Kalau kota Malang sendiri lebih terkenal dengan wisata kulinernya 🙂

Ke mana saja kami selama 3 hari 3 malam di kota Batu? Wah, ternyata cukup banyak tempat yang berhasil didatangi. Walau, teteeeep ya ternyata masih kurang lama loh rasanya. Masih banyak tempat wisata yang belum sempat dikunjungi oleh kami. Seandainya ada rezeki untuk ke sana lagi, insya Allah saya mau banget!

Ini adalah list dari tempat-tempat yang kami kunjungi ketika di Batu:

  1. Batu Night Spectacular (BNS)
  2. Jatim Park 2 (Batu Secret Zoo, Museum Satwa)
  3. Museum Tubuh
  4. Coban Rondo
  5. Museum Angkut
  6. Alun-alun Batu
  7. Wisata Petik Apel KTMA (Kelompok Tani Mandiri Abadi)

Karena cukup banyak, maka saya bagi-bagi jadi beberapa posting ya. Postingan kali ini bercerita tentang Batu Night Spectacular. Semoga bisa jadi referensi untuk yang mau pergi ke sana.

BATU NIGHT SPECTACULAR (BNS)

Harga Tiket Masuk (HTM):

Weekday (Senin-Kamis) Rp 30.000/orang

Weekend (Jumat-Minggu) Rp 40.000/orang.

Anak-anak dengan tinggi di bawah 85 cm tidak membayar atau FREE.

Penumpang Citilink dapat diskon 20% untuk HTM (promo berlaku hingga 31 Desember 2017).

Jam Buka:

Weekday (Senin-Kamis) 15.00-23.00

Weekend (Jumat-Minggu) 15.00-24.00

BNS terletak cukup dekat dari guest house kami di Batu. FYI, kami sekeluarga menginap di guest house Imafa yang terletak persis di depan pintu keluar Jatim Park 2. Lama perjalanan dengan motor dari guest house ke BNS hanya sekitar 15-20 menit.

BNS jika dilihat-lihat sebenernya gak jauh beda (eh jauh deng bedanya haha) sama pasar malam yang ada di ibukota. Wahana-wahana di BNS cukup terawat dan lebih canggih serta bervariasi. Hmmm, paduan antara pasar malam dan Dufan versi mini kalo menurut saya.

Tidak semua wahana di BNS itu kids friendly. Ya iyalah, kalau mau kids friendly semua ke playground ajah hihi. Beberapa wahana yang kami jajal antara lain:

  • Sepeda udara (HTM: Rp 10.000)
  • Rumah kaca (gratis)
  • Lampion Garden (HTM: Rp 25.000). Taman indah dengan lampion-lampion cantik berbagai bentuk. Ada bentuk menara Eifel, kereta kuda Cinderella, rumah kurcaci, balon udara, masjid, Monas, dll. Cocok sekali untuk dijadikan spot fotografi.
Kolam kecil di Lampion Garden. Menambah romantis suasana (tsaaah)
            • Trick Art Gallery (HTM: Rp 15.000). Lagi-lagi spot yang cocok untuk berfoto. Sayang, wahananya sedikit kurang terawat makanya kenapa gak banyak yang datang ke sini. Tapi kalau kamu jago nyari sudut yang pas untuk mengambil fotonya, pasti akan mendapatkan banyak foto unik yang terlihat seperti nyata.
            Foto-foto di Trick Art Gallery BNS. Terlihat nyata gak?
              • Area ketangkasan. Nah, permainan di area ini mirip-miriplah sama yang ada di pasar malam. Kalau yang pernah main ke pasar malam pasti tahu. Ada beberapa juga yang mirip sama permainan di Timez*ne atau tempat-tempat main yang biasa ada di mall. Yang paling seru dan banyak peminatnya di sini adalah permainan pecahkan piring. Kita ditantang untuk memecahkan piring dengan melemparnya menggunakan bola tenis. Bapak-bapak dan anak-anak muda heboh banget main ini. Teriak-teriak euy. Mungkin sebagai sarana pelepas stress ya. Untuk dapat bermain di area ini, kita diwajibkan membeli koin terlebih dahulu. Kita juga berkesempatan mendapatkan stamp dari setiap permainan yang diselesaikan. Jika sudah terkumpul 24 stamp, kita berhak menukarnya dengan hadiah.
              Pecahkan piringnya!
              Drop n Twist Tower. Salah satu wahana ekstrim seperti di Dufan yang ada di BNS

              Sebenarnya selain wahana-wahana yang sudah dijajal di atas masih ada buanyaaak lagi lainnya. Seperti go kart, virtual reality, trampolin, witch castle, rumah hantu, dan berbagai wahana ekstrim seperti di Dufan. 

              Oya, ini ada beberapa tips untuk yang mau ke BNS sambil bawa anak (bayi/balita) juga:

              • Karena operasionalnya di malam hari, pastikan pakaikan baju yang membuat anak-anak merasa hangat. Pakaikan jaket juga bisa.
              • Kalau bisa, kenyangin perut dulu sebelum menjelajah BNS. Supaya tidak ada yang cranky ketika sedang mengeksplorasi BNS.
              • BNS itu stroller friendly. Jika membawa bayi dan berencana membawa stroller, bisa banget. Apalagi pas malam hari ya, kalau sudah waktunya bayi tidur ya lebih enak jika ditaruh di stroller. Kalau saya? Pas ke BNS gak bawa stroller. Ditinggal di guest house karena dipikir ya cuman sebentar ini mainnya haha. Jadilah, si bayi saya gendong ke mana-mana.
              • Kalau ke BNS ketika musim hujan, jangan lupa bawa payungnya ya. Untunglah, ketika ke BNS, hujan hanya sebentar mengguyur pas kami lagi berada di Lampion Garden. Karena kami lupa bawa payung, jadilah sedikit lari-larian mencari tempat berteduh.
              • Bawa cemilan dan minuman secukupnya untuk anak. Gak usah bawa segambreng ya, dikata mau piknik kali haha. Bawa yang bisa disimpan di tas tangan aja. Lumayan ampuh mengatasi anak yang cranky karena haus dan lapar.
              • TIPS UMUM: Jangan lupa bawa tripod atau tongsis. Biar bisa foto rame-rame sekeluarga gak pake tengsin minta difotoin sama orang lain terus. Banyak objek foto bagus loh di BNS!

              Sekian cerita singkat soal BNS. Selanjutnya, nikmati aja dari foto-foto di bawah ini yaah!

              Alhamdulillah, di awal tahun ini bisa liburan yang cukup jauh ke timur Jawa. Tepatnya ke kota Batu dan Malang. Kami…

              Dikirim oleh Suci 'Leni' Lestarini pada 27 Februari 2017

              6 comments

              1. Aku dulu pas ke Batu baru sempat ke BNS, Coban Rondo, sama Wisata Petik Apel. Hpku pernah hampir hilang di BNS ini. Hahaha. Mudah-mudahan bisa ke sana lagi mampir ke list yang ada di atas.

              2. duh jadi pengen ke kota Batu nih… udah sering baca review postif wisatanya soalnya… tapi.. apa daya aku lagi gak di Indonesia..hehehe…

              Leave a Reply

              Your email address will not be published. Required fields are marked *