Ide-Ide Proyek Keluarga

Posted by

Jadi, tantangan ke-3 dari kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional adalah membuat proyek keluarga. Masya Allah, makin ke sini tantangannya memang makin luar biasa. Tugas-tugasnya seru dan aplikatif.

Tugas proyek keluarga diberikan sebagai kombinasi tantangan dari materi-materi sebelumnya. Bagaimana mewujudkan komunikasi produktif antar anggota keluarga dalam proyek keluarga ini. Juga bagaimana melatih kemandirian anak melalui pemberian tanggung jawab atau peran dalam proyek keluarga.

Okelah. Bismillah. Mari dikerjakan satu per satu. Hari pertama dari tantangan, saya pakai untuk mengadakan family forum berdua dengan suami. Baru bisa berdua karena anak-anak sudah pada tidur. Sedangkan suami baru pulang larut malam sehabis mengajar dan mengikuti kajian. Jadilah hanya saya dan suami yang bisa berbincang-bincang.

Suami paham dan menyambut gembira adanya tantangan kali ini. Karena sekalian mengerjakan hal-hal yang daridulu tertunda, pikir suami. Beberapa ide pun terlontar lengkap dengan PIC atau penanggung jawab setiap proyek.

Berikut ini adalah daftar beberapa ide proyek keluarga kami:

  1. Nama Proyek: INDAHNYA TAMANKU

Gagasan: Kondisi taman di depan dan belakang rumah sudah agak berantakan. Banyak rumput liar tumbuh di taman. Daripada memanggil tukang taman maka kami bersepakat untuk menyediakan waktu khusus membersihkan taman supaya terlihat rapi dan indah kembali. Saya, suami, dan anak pertama kami (5 tahun) akan ikut turun mencabuti rumput-rumput liar dari area taman.

Sasaran:

  • Merapikan taman supaya indah dilihat
  • Mengajarkan anak untuk menyukai keindahan
  • Sarana mendekatkan anak dengan alam
  • Mengajarkan anak untuk bertanggung jawab terhadap miliknya, dalam hal ini turut bertanggung jawab terhadap kondisi taman dengan menjaga keindahannya

Pelaksanaan:

PIC: Suami

Sabtu, 25 Maret 2017, pukul 08.00-selesai: membersihkan taman depan

Minggu, 26 Maret 2017, pukul 08.00-selesai: membersihkan taman belakang

Pelaksanaan dibagi menjadi 2 hari dikarenakan waktu yang terbatas sehingga tidak mungkin diselesaikan hanya dalam 1 hari

  1. Nama Proyek: BUKU UNTUK SESAMA

Gagasan: Gerakan Indonesia Mengajar yang sudah cukup terkenal akan mengadakan festival pada bulan April mendatang. Agenda utama festival tersebut adalah memenuhi kebutuhan buku puluhan taman baca yang tersebar di 24 kabupaten di Indonesia. Karena saya dan keluarga memiliki ketertarikan terhadap buku dan kebetulan memiliki beberapa koleksi buku yang hendak disumbangkan maka kami ingin turut serta dalam pengumpulan bukunya. Kami juga berencana untuk menggalang buku dari lingkungan terdekat kami, seperti tetangga lalu membantu penyalurannya ke panitia festival. Saya juga berencana mencetak beberapa e-book dari social project Buku Cerita Balita dan menyumbangkannya.

Sasaran:

  • Menumbuhkan empati anak dan mengajarkan indahnya berbagi kepada sesama
  • Mengajarkan anak bersyukur bahwa banyak yang tidak seberuntung dirinya. Banyak anak yang kesulitan mengakses buku-buku bagus untuk menambah pengetahuannya
  • Melatih anak-anak untuk memilah buku-buku yang hendak disumbangkan karena tidak semua buku akan dibagikan

Pelaksanaan:

PIC: Saya sendiri

Waktu: 24 Maret 2017-30 Maret 2017

  1. Nama Proyek: RAPINYA LEMARIKU

Gagasan: Kondisi lemari baju seringkali acak-acakan. Terutama lemari baju anak. Karena itu, mari dirapikan kembali!

Sasaran: melatih anak bertanggung jawab terhadap miliknya dengan merapikan isi lemari bajunya sendiri (tentu sambil ditemani juga dan dimotivasi)

Pelaksanaan:

PIC: Hania

Waktu: Minggu, 26 Maret 2017 sore

***

Untuk sementara 3 ide saja yang akan dieksekusi terlebih dahulu. Doakan lancar dan konsisten melakukannya ya! Bismillah!

#TantanganHariPertama

#Level3

#MyFamilyMyTeam

#KuliahBunsayIIP

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *