Merapikan Lemari Baju

Posted by

Alhamdulillah, Hani sudah lebih ceria dan bersemangat hari ini. Badannya sudah tidak sumeng walaupun batuk pileknya masih ada. Jadilah proyek yang kemarin tertunda dikerjakan pagi ini. 

Merapikan lemari baju yang sudah acak-acakkan dalamnya adalah proyek kami kali ini. Cukup sederhana kan? Tapi tetap bermakna terutama untuk anak. Dengan proyek ini, diharapkan Hani dapat lebih menghargai kerapian dan tidak sembarangan narik ketika mengambil pakaian dari dalam lemari. Diharapkan Hani juga belajar lebih mandiri dengan belajar merapikan baju-bajunya sendiri.

Hal pertama yang dilakukan adalah mengeluarkan semua isi lemari. Lalu, saya mengajari Hani untuk memilah pakaiannya dan mengelompokkannya. Ada tumpukan pakaian rumah, pakaian main/pergi keluar, celana, baju dalam, dan celana dalam. Saya juga meminta Hani menyendirikan pakaian-pakaian yang sudah tidak muat untuk diturunkan ke adiknya. Ternyata, lumayan banyak juga pakaian yang terkumpul untuk disimpan kembali dan dipakai ketika adiknya sudah besar.

Mengelompokkan baju di kasur
Belajar melipat baju

Beberapa pakaian yang acak-acakkan di lemari ada yang perlu dilipat ulang. Saya mencontohkan kepada Hani bagaimana melipat pakaiannya lalu ia menirunya walaupun belum terlalu rapi. Tapi saya tetap menghargai usahanya terlebih dia sangat bersemangat melakukannya.
Setelah selesai mengelompokkannya semuanya, Hani memasukkan pakaiannya ke dalam lemari. Saya memintanya untuk menyusunnya secara satu arah. Jika bagian leher pakaian berada di dalam, maka semuanya harus seperti itu. Untuk dalaman dimasukkan ke lemari adiknya yang lebih kecil. Hani mendengarkan dan mengerjakan dengan tekun sampai selesai.

Merapikan lemari baju

Kini, lemari baju Hani sudah rapi kembali. Hani senang sekali berhasil mengerjakannya sendiri (plus sedikit bantuan dan arahan bunda hehe). Saya memujinya dan memintanya untuk lebih rajin melakukannya di kemudian hari. Alhamdulillah proyek hari ini suksesss 👏 🙂

#TantanganHariKeenam

#Level3

#MyFamilyMyTeam

#KuliahBunsayIIP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *