Belajar Adab Bertetangga via Jelly Coklat

Posted by

Beberapa hari lalu, agenda berbagi makanan ke tetangga tidak jadi dilakukan karena makanan yang dibuat (brownies) gagal. Nah, agendanya pun digeser ke hari ini dengan mengganti jenis makanan ke yang mudah disiapkan tapi tetap asik dimakan bersama terutama oleh anak-anak. Berhubung di rumah ada stok nutrijell coklat, jadilah saya mengajak Kakak membuat jelly coklat bersama.

Kakak membantu Bunda membuat jelly coklat

Benar-benar mudah persiapan dan cara memasaknya. Kakak membantu Bunda mengaduk-aduk jelly di panci hingga mendidih. Semangat sekali si Kakak kalau sudah diajak bantuin masak terutama bikin puding atau jelly. Setelah mendidih, Bunda yang menuangkan ke cetakan dan memasukkannya ke kulkas. Kakak yang sudah tidak sabar main ke rumah tetangga pun ngacir duluan sambil berpesan pada saya untuk membawa serta jelly yang sudah keras ketika menjemput dirinya di rumah temannya.
Sekitar 30 menit kemudian, saya menjemput Kakak sambil membawa jelly coklat yang sudah dicetak di cetakan es batu berbentuk bunga. Bentuknya jadi imut dan unik. Sayang, saya lupa memfotonya. Yang pasti, Kakak dan temannya itu suka sekali dengan jelly coklat yang saya bawakan. Alhamdulillah, habis tak bersisa.

Harapan saya, semoga melalui #ProyekKeluarga berbagi makanan ke tetangga ini, Kakak bisa mendapatkan pelajarannya.

Pertama tentang saling memberi hadiah untuk mempererat tali persaudaraan. Hadiah tidak harus berupa sesuatu yang mahal. Yang penting diberikan dengan tulus.

“Saling memberi hadiahlah kalian, niscaya kalian saling mencintai,”

(HR al-Bukhari, al-Baihaqi, Abu Ya’la)

Kedua tentang adab bertetangga. Bagaimana berlaku baik kepada tetangga. Salah satunya dengan memberikan makanan kepada tetangga.

Rasulullah shallallahu ‘alahi wassalam bersabda kepada Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu,

Wahai Abu Dzar, apabila kamu memasak sayur (daging kuah) maka perbanyaklah airnya dan berilah tetanggamu” (HR. Muslim).

#TantanganHariKelimabelas

#Level3

#MyFamilyMyTeam

#KuliahBunsayIIP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *