Belajar Merawat Kelinci

Posted by

Dari kemarin, suasana hati Kakak lagi cerah-cerahnya. Pasalnya, ayah membelikannya sepasang kelinci yang lucu. Akhirnya, setelah sekian lama, Kakak punya hewan peliharaan lagi! 

Sebelum ini, Kakak juga memelihara 2 ekor kelinci. Yang pertama mati karena pernah kehujanan dan yang kedua mati karena sepertinya faktor usia. Padahal kelinci yang kedua sudah dirawat cukup lama juga loh. Ada kali sekitar 2 tahun. 

Sejak itu, Kakak sebenarnya ingin sekali membeli kelinci lagi untuk dirawat. Tapi sayangnya kami belum ketemu penjual kelinci di sekitar daerah tempat tinggal kami. Pernah juga kami berusaha mencari di seputaran kebun binatang Ragunan tapi hasilnya pun nihil. Kelinci yang sekarang malah dibeli jauh-jauh di Bandung oleh suami yang sedang ada tugas di sana.

Kakak sebagai si empunya hewan peliharaan kami minta untuk berlatih pula merawatnya, itulah yang menjadi inti #ProyekKeluarga kali ini. Kami tidak ingin kelinci tersebut hanya jadi pemuas pandangan mata saja. Sebagai sesama makhluk hidup, tentu kelinci berhak diperlakukan dengan baik, kan?

Salah satu hal yang diajarkan ke Kakak hari ini adalah tentang membersihkan kandang kelinci. Baru sehari semalam saja kotoran dan pipis dari 2 kelinci tersebut sudah cukup banyak sehingga menimbulkan bau tak sedap. Dalam kegiatan kali ini, suami dapat bagian bersih-bersih kandang. Sedangkan Kakak masih dalam tahap memperhatikan. Walau demikian, Kakak juga membantu ketika dimintai pertolongan. Misalkan ketika mengambil kantong berisi pelet makanan kelinci dan mengambil air untuk minum kelinci. 

Di sela-sela kegiatan, ayah juga bercerita ke Kakak tentang makanan-makanan yang baik atau direkomendasikan untuk kelinci. Jangan kebanyakkan dikasih sayuran, nanti bisa mencret. Kelinci lebih baik diberikan makanan berupa rumput kering atau hay atau pelet yang dibuat dari hay/rumput alfalfa.

Setelah selesai bersih-bersih, Kakak belajar memperlakukan kelinci-kelinci tersebut dengan lembut. Memegangnya dengan pelan di bagian bawah badan ketika ingin mengangkatnya dan mengelus lembut bulunya. 

Adik juga gak mau kalah. Dia sangat antusias melihat kelinci-kelinci tersebut. Semoga kelinci-kelinci kali ini bisa bertahan hidup lebih lama dari sebelumnya. Dan, semoga yang kali ini bisa beranak juga! 😆

#TantanganHariKetujuhbelas

#Level3

#MyFamilyMyTeam

#KuliahBunsayIIP

2 comments

  1. Iiiiiiihhhh gemes aku lihat kelinci2nya. Dulu aku juga pernah tuh piara kelinci peranakan lah. Bagus, putih bersih. Tapi lama2 kok capek ya ngurusnya haha akhirnya dikasihin ke sodara deh yg rajin. Salam kenal mbak Leni 🙂

  2. Duh kelincinya lucu lucu bangeeeet.. Aku belom berani ngasi anak-anak hewan peliharaan sendiri, takut pada dicuekin nanti akhirnyaaa.. Huhuhuuu.Mkasi info-infonya ya maaaak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *