Proyek Keluarga Proyek Kebaikan

Posted by

“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholih dan saling menasihati supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran” (QS. Al ‘Ashr)

Saya jadi teringat surat di atas ketika merenungi proyek-proyek keluarga yang kami lakukan. Berapa sejatinya hidup itu memang baiknya diisi oleh amal sholih supaya tidak merugi. Diisi hal-hal produktif yang tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri tapi juga untuk sekitar kita. 
Rasanya senang karena waktu yang terbatas dilakukan untuk melakukan kebaikan. Disibukkan oleh berbagai proyek keluarga atau pemikiran-pemikiran tentangnya sehingga tidak ada waktu lagi yang terbuang untuk membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Itulah yang saya renungi selama memulai mengerjakan proyek keluarga hingga hari ini.

Iya, gara-gara proyek keluarga saya jadi “kecanduan”. Tiap harinya berpikir, “Mau ngapain ya hari ini? Apa yang bisa saya lakukan selanjutnya? Apa yang bisa dilakukan bersama dengan keluarga”.

Beberapa proyek keluarga ada yang akhirnya menjadi proyek seterusnya hingga saat ini. Seperti proyek menyediakan air mineral untuk jamaah masjid. Dan membuang sampah dengan memilahnya terlebih dahulu. 

Melalui proyek keluarga saya juga jadi bisa memberi pengajaran secara langsung tentang banyak hal kepada anak. Misal, tentang empati terhadap sesama ketika melakukan proyek buku untuk sesama, tentang tanggung jawab dalam proyek rapikan lemari dan belajar merawat kelinci, tentang adab dalam bertetangga, dan lain sebagainya. Benar-benar pelajaran yang sangat berharga!

#AliranRasa

#BundaSayang

#IIPDepok

#InstitutIbuProfesional

#GameLevel3

#ProyekKeluarga

#MyFamilyMyTeam

One comment

  1. Keren Mbak proyek2-nya. Iya bener banget Mbak kalau dipikirkan lagi pas saya sadar…hehe..sesungguhnya manusia itu merugi. Tapi kadang kalau udah disibukan sehari hari suka lupa…memang perlu terus diingetin..thx for reminding.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *