Pengamatan Gaya Belajar Anak – Hari 5

Posted by

Hari ini, kegiatan Kakak tidak banyak. Seharusnya, tadi pagi Kakak ikut les berenang, tapi tidak jadi karena batuk-batuk Kakak masih parah dan Ayah tidak memberinya izin untuk berenang. Awalnya, Kakak menangis karena dia ingin sekali berenang. Sudah 2 kali absen tidak berenang, katanya “Aku kangen berenang”. Tapi, tetap saja Ayah tidak bergeming. Sambil memeluk Kakak, Ayah menjelaskan kenapa Ayah tidak mengizinkan Kakak berenang.

Tak lama kemudian, Ayah bersih-bersih lemari buku dan rak kawat bertingkat di ruang tamu yang isinya sudah amburadul. Perhatian Kakak pun teralih dan dia ikut melihat apa yang dilakukan Ayah. Kakak hanya sebentar membantu Ayah lalu Kakak sarapan dan mandi. Sarapan dan mandi dilakukannya dengan cukup cepat dan mandiri karena Kakak ingin main keluar. Walaupun tetap dalam prosesnya Kakak lalui dengan “ramai” sambil mengobrol.

Setelah selesai mandi dan berganti pakaian, Kakak sempat menolong Bunda melepas sarung-sarung bantal, guling, dan sprei di tempat tidurnya lalu menaruhnya di keranjang kotor. Saya memuji dan memberikannya apresiasi. Lalu, dia berkata sendiri sambil memeluk saya, “Hari ini, Kakak sangat membantu ya. Kakak senang”. Oh, ternyata, dia suka sekali dilibatkan dan Kakak jadi merasa bangga terhadap dirinya sendiri.

Setelah Kakak selesai bermain bersama temannya, kami berangkat ke toko. Di toko, Kakak minta dibacakan beberapa buku cerita. Ketika dibacakan, Kakak mendengarkan dan matanya terpaku pada gambar yang ada di buku. Terkadang, dia menanyakan hal-hal cukup detail yang tergambar di buku. Misal, “Ini gambar apa, Bun?”. Untuk cerita-cerita yang cukup seru, seringkali Kakak mengingatnya dan mampu menceritakannya kembali.

Kesimpulan dari pengamatan hari ini: kecenderungan gaya belajar yang terlihat pada Kakak adalah kinestetik dan visual. Kinestetik ketika Kakak antusias melakukan hal-hal tertentu secara langsung daripada hanya lewat cerita. Visual ketika Kakak memperhatikan setiap detail gambar yang ada pada buku cerita.

#Tantangan10Hari

#Level4

#GayaBelajarAnak

#KuliahBunsayIIP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *