Pekan Literasi Keluarga Shidqi – Hari 1

Posted by

Kali ini, “perkuliahan” di kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional (IIP) membahas tentang bagaimana “Menstimulasi Anak Suka Membaca”. Saya pun sangat antusias menyambutnya. Karena menumbuhkan minat baca pada anak juga menjadi concern saya dari dulu.

Sejak usia 2 tahun-an, anak pertama saya mulai akrab dengan buku hingga sekarang. Saya ingat sekali membacakan berpuluh buku untuknya setiap hari supaya ia bisa tidur tanpa harus menyusu pada saya. Saya pun ingat bahwa membacakan buku untuknya menjadi salah satu ikhtiar saya dan suami untuk mestimulasinya agar dapat berbicara. Ya, anak saya baru lancar berbicara sekitar umur 2,5 tahun. Bisa dibilang hampir telat. Tapi syukur alhamdulillah, usaha kami membuahkan hasil. Sejak anak saya bisa berbicara, langsung lancar, pelafalan sangat jelas, dan kosakatanya (menurut kami) justru lebih banyak dan beragam daripada anak seusianya. Saya pikir, mungkin inilah salah satu hasil yang dipetik dari kebiasaan membaca(kan) buku secara rutin untuk anak.

Nah, kali ini, tantangan dari IIP berkaitan dengan membaca. Bagaimana bisa membuat setiap anggota keluarga, khususnya anak, menyukai kegiatan membaca. Salah satunya melalui penjadwalan family reading time dan pembuatan pohon literasi. Di mana pohon literasi itu memuat daun-daun yang bertuliskan judul buku yang telah dibaca.

Saya lantas mengemukakan hal tersebut kepada suami dan memintanya turut bekerja sama dalam meramaikan pekan literasi di keluarga. Iya, saya akan menyebutnya sebagai pekan literasi 🙂 Suami lantas mengingatkan pada saya untuk pertama, meluruskan niat. Tentukan tujuannya, apa yang dicapai melalui pengadaan pekan literasi. Apakah hanya karena menyelesaikan tantangan dari IIP? Dan bismillah, kami sama-sama bersepakat bahwa pekan literasi ini ditujukan supaya kami sekeluarga, terutama anak-anak bisa menambah pengetahuan dari buku yang telah dibaca. Jadi tidak hanya membaca sambil lalu tanpa pemahaman.

Berbekal tujuan tersebut, saya dan suami lalu menyusun “kurikulum” dari pekan literasi yang akan berlangsung selama kurang lebih 2 pekan. Kami memilihkan tema serta buku apa yang akan dibahas/dibacakan untuk anak-anak. Hasil rumusannya sebagai berikut:

Untuk Kakak (5 tahun 4 bulan):

  1. Tentang Ramadhan. Melalui buku: workbook aktivitas Ramadhan, buku 101 tanya jawab Ramadhan untuk anak.
  2. Kisah-kisah Nabi. Melalui buku dari Perisai Quran Kids.
  3. Buku-buku dari Rabbit Hole, penerbit buku lokal untuk anak usia bayi hingga 7 tahun.
  4. Tentang ibadah, seperti shalat, zakat, dll. Melalui buku serial ibadah dari Perisai Quran Kids.
  5. Iqra

Untuk Adik (12 bulan)

  1. Buku-buku bayi dari Rabbit Hole, tentang pengenalan emosi.
  2. Board book tentang warna, angka, benda-benda.
  3. Buku-buku yang dibacakan juga untuk Kakak. Jadi adik ikut mendengarkan.

Untuk waktu membacanya, ketika kami tanyakan pada Kakak, dia minta untuk dibacakan pada malam hari sebelum tidur. Tapi biasanya, siang hari pun dia minta dibacakan buku pada saya. Oya sebenarnya Kakak sudah bisa membaca sendiri. Hanya saja, Kakak masih lebih suka minta dibacakan buku. Untuk pendamping pembaca, selain saya, suami juga bersedia membacakan mengenai kisah-kisah Nabi dan Ramadhan.

Saya kemudian membuat jadwal sederhana mengenai rekomendasi buku yang dibaca pada hari itu. 

Kakak sedang mengaji Iqra
Sesi membaca bersama Ayah. Kali ini membaca kisah nabi Sulaiman

Untuk hari ini, saya dan Kakak sudah membaca buku dari Rabbit Hole berjudul “Bella dan Balon Merah” di siang hari. Dilanjutkan membaca Iqra setelah salat magrib. Lalu malamnya sebelum tidur, suami membacakan kepada kami kisah Nabi Sulaiman. Kakak cukup antusias mendengarkan walau lama-lama Kakak tidak konsentrasi karena sudah mengantuk. Adiknya juga antusias mendengarkan walau di akhirnya lebih banyak berguling-guling di kasur sambil mengajak saya bercanda. Untuk pohon literasinya sendiri baru akan kami kerjakan esok hari karena bahan-bahannya belum disiapkan 😀 Semoga dengan adanya pohon literasi, kami sekeluarga jadi lebih bersemangat menumbuhkan kesukaan membaca di keluarga.
#BundaSayang

#IbuProfesional

#IIP

#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

#TantanganLevel5Hari1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *