Pekan Literasi Keluarga Shidqi – Hari 2

Posted by

Hari ini, saya dan Kakak mulai membuat pohon literasi. Pohon tersebut akan ditumbuhi dedaunan yang bertuliskan judul buku yang sudah dibaca dan pesan-pesan apa yang berhasil ditangkap dari apa yang telah dibaca. Kakak cukup bersemangat membantu saya menggambar batang pohon yang besar. Kami lalu mewarnai pohon tersebut dengan krayon. Untuk daun-daunnya, saya menggunakan sticky notes yang berukuran sedang supaya muat cukup banyak tulisan.

Sebelum menempelkan daun-daun, saya bercerita sedikit pada Kakak mengenai pohon literasi. Saya bilang semakin banyak buku yang kita baca, pohon kita ini akan semakin banyak dan lebat daunnya! Saya juga mengajak Kakak me-recall apa saja yang telah dibacakan oleh Ayahnya kemarin. Alhamdulillah, ternyata cukup banyak hal yang terpatri di memorinya dari kegiatan membaca kemarin. Saya lalu menuliskannya dalam bentuk poin-poin di dalam daun. Karena buku yang dibaca kemarin lebih dari 1, maka dibuatlah daun ke-2. Pada daun ke-2, Kakak meminta izin pada saya untuk turut menulis apa saja yang dia dapatkan dari bacaannya.

Berikut ini adalah pohon literasi Kakak di hari pertama.

Pohon Literasi Kakak Hari Pertama

DAUN PERTAMA

Judul buku yang dibaca: Sejarah 25 Nabi dan Rasul Jilid 3, sub bab Nabi Sulaiman

Penerbit: Perisai Quran Kids

Penulis: Nizar Sa’ad Jabal Lc. M.pd dan Aiman Umar Abdul Aziz

Buku Sejarah 25 Nabi dan Rasul yang dibaca di hari pertama

Poin yang ditangkap Kakak dari kisah Nabi Sulaiman:

  • Nabi Sulaiman mampu berbicara dengan hewan
  • Nabi Sulaiman mempunyai istana kaca
  • Nabi Sulaiman mempunyai harta yang banyak
  • Kita harus menyembah kepada Allah bukan matahari (poin tauhid)
  • Nabi Sulaiman mempunyai burung Hud Hud (Kakak ingat sekali karena lucu namanya)
  • Kita tidak boleh sombong walau kaya raya

DAUN KEDUA

Judul buku yang dibaca: Bella dan Balon Merah

Penerbit: Rabbit Hole

Penulis: Devi Raissa

Poin yang ditangkap Kakak dari buku Bella dan Balon Merah:

  • Membuat kue (karena ada kegiatan menggunting kue ulang tahun lalu menempelkannya di buku)
  • Memberikan pendapat. Ada bagian cerita di mana anak diminta memberi keputusan, apakah Ya atau Tidak. Jika jawaban Ya, alur cerita akan berbeda dengan jawaban Tidak.

Ada hal menarik yang saya perhatikan setelah hari pertama pekan literasi berjalan. Kakak yang biasanya dibacakan buku oleh saya setiap harinya, kini minta dibacakan buku oleh ayahnya. Padahal, ayahnya sedang kurang sehat dan tadinya meminta saya saja yang membacakan buku seperti biasa. Tapi, Kakak memaksa yang akhirnya disetujui juga oleh ayahnya. Malam ini, mereka berdua pun membahas buku 101 Ibadah dan Aktivitas Anak Saleh. Alhamdulillah, ternyata gaya membaca Ayah juga disukai oleh Kakak. Ternyata kegiatan membaca buku ini tidak hanya bisa menambah pengetahuan. Tapi juga menambah erat bonding antara orang tua dan anak 🙂

#BundaSayang

#IbuProfesional

#IIP

#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

#TantanganLevel5Hari2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *