Menu MP-ASI 12M+ Tahu Ikan Kuah

Posted by
Menu MP-ASI 12M+ Tahu Ikan Kuah

Bikin menu ini saya ngerasa seneng banget. Karena akhirnya bisa bikin masakan yang “canggihan” dikit buat si Adik 😂 Konsepnya mirip-mirip dengan cara membuat tahu bakso. Bedanya di isiannya dan jenis tahu yang dipakai. Menu ini cocok untuk dijadikan lauk utama disanding dengan nasi putih hangat dan bawang goreng. Tetep menu 4 bintang juga deh. Nyaaam 😋

Tahu Ikan Kuah (MP-ASI 12M+)

Diperuntukkan buat anak 12M+ karena saya menggunakan garam di dalam masakannya. Bisa juga kalau mau disajikan untuk di bawah 12M, dengan tidak memasukkan garam atau menggantikan garam dengan yang gurih juga semisal keju. Tapi perihal boleh tidaknya garam di bawah 12M ini ada banyak “mahzab” sih. Ada yang membolehkan dengan kadar sangat sedikit. Ada yang tidak. Ada yang cuek aja yang penting anaknya makan *lah, kumaha atuh* 😅 Oke, langsung aja ya…

1. Tahu putih dilubangi bagian tengahnya 2. Isian tahu 3. Isian tahu dimasukkan ke lubang 4. Tahu ikan yang sudah dikukus

Bahan
5 potong tahu putih kotak ukuran besar

Buat lubang di bagian tengah tahu, kalau bisa buat yang besar supaya isian tahunya jadi banyak. Bagian tengah tahu yang dikerok untuk lubang jangan dibuang karena bisa dijadikan campuran isian.

Untuk isian tahu

Bagian tengah tahu hasil kerokan (protein nabati)

100 gram filet ikan tenggiri, dicacah-cacah (protein hewani)

1 butir telur (protein hewani)

2 sdt tepung tapioka (karbohidrat)

2 siung bawang putih dihaluskan

Merica secukupnya

Garam dan gula secukupnya

4 sdm air es

Tambahan di akhir: wortel dan daun bawang dipotong-potong (sayuran)

Untuk kuah

2 siung bawang merah haluskan

2 siung bawang putih haluskan

Garam dan gula secukupnya

Air secukupnya

Cara Membuat

1. Campur jadi satu semua bahan isian (kecuali wortel dan daun bawang). Aduk sebentar. Lalu haluskan dengan blender.

2. Campurkan wortel yang sudah dipotong-potong kecil atau diparut dan daun bawang ke hasil blender tadi. Aduk rata. Isian tahu siap digunakan.

3. Masukkan adonan isian ke lubang-lubang tahu yang sudah disiapkan. Mau agak nyembung dan keluar dari lubang juga gak masalah. 

4. Lalu kukus selama kurang lebih 20 menit. 

5. Yay, tahu ikan sudah jadi. Mau langsung dimakan juga udah bisa. Atau mau tambah kuah pun bisa.

6. Untuk kuah: tumis bawang merah dan bawang putih lalu beri air , garam, gula, merica secukupnya. Tunggu sampai mendidih. Potong tahu ikan jadi 4 bagian dan masukkan ke dalam kuah. Tambahkan pemanis seperti seledri atau taburan bawang goreng

Selamat makan! Alhamdulillah, si Adik suka dan menu ini juga bisa untuk makanan keluarga loh. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *