Matematika dalam Keseharian – Hari 1

Posted by

Seperti biasa, keseharian saya dan anak-anak sebagian besar dihabiskan di toko. Ya, saya punya usaha toko snack sampai detik menuliskan ini, hehe bentar lagi mau “tutup toko” soalnya dan full usaha online dari rumah 🙂

Di toko, banyak sekali yang biasa dilakukan. Si kakak, anak saya yang saat ini berusia 5 tahun 5 bulan pun seringkali membantu pekerjaan di toko. Seperti tadi, Kakak membantu menghitung ada berapa paket yang sudah rapi dipacking. Dia senang sekali melakukannya. Satu, dua, tiga, dan seterusnya.

Kalau sedang merasa bosan, Kakak biasanya akan melakukan pretend play belanja-belanjaan. Pas banget kan, lokasinya di toko. Kakak akan mengambil kantong kresek lalu memasukkan barang yang ada di rak satu per satu. Kemudian menyerahkan “belanjaannya” kepada saya untuk dihitung total biayanya. Selain pretend play seperti itu, Kakak pun suka bermain resto-restoan. Dengan playdoh-nya dia akan menggelar “lapak” restoran atau toko kue. Saya berperan sebagai customer sambil menyambi menerima orderan toko via online hehe. Kakak selalu bertanya, “Mau pesan apa dan berapa?”. Saat seperti ini, merupakan salah satu kesempatan untuk melatih kemampuan logika matematis Kakak dalam hal berhitung sederhana. “Bunda mau 5 kue nastar”, pinta saya untuk menyediakan kue sesuai jumlah tertentu. Kakak pun menghitungnya dengan senang hati.

Alhamdulillah, saat ini, Kakak sudah mengenal bilangan hingga  konsep penjumlahan dan pengurangan sederhana. Saya dan suami tidak pernah mengajarkan Kakak secara khusus, apalagi mengingat usianya yang masih TK. Hanya saja dalam keseharian konsep matematika seringkali digunakan langsung tanpa disadari sehingga Kakak sudah bisa melakukannya.

#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *