Melatih Cerdas Finansial pada Anak (1)

Posted by

Cerdas finansial, ternyata tidak hanya penting dimiliki oleh orang dewasa. Tapi juga penting dimiliki oleh anak-anak atau dilatih sejak dini. Kenapa? Supaya kelak, anak-anak dapat tumbuh sebagai individu yang paham terhadap tanggung jawab dalam hidupnya. Mampu memilah antara kebutuhan dan keinginan dan menyusun prioritas hidup dengan cermat.

Untuk Kakak yang masih berusia 5 tahun-an, stimulasi yang saya berikan padanya berkaitan dengan cerdas finansial baru seputar konsep rezeki, kerja keras, dan menabung. 

Perihal menabung, Kakak sudah melakukannya sejak berusia 3 tahun-an. Saya dan ayahnya akan memberikan uang logam 500-an atau 1000-an untuk dimasukkan ke dalam celengannya. Awal mulanya, Kakak menabung hanya sebatas karena ia suka kegiatan memasukkan koin ke dalam lubang celengan. Tapi lama-lama, seiring bertambahnya usia, Kakak mulai paham. Bahwa menabung bisa membantu ia beli mainan incarannya. Hehehe. 

Seperti kemarin, Kakak meminta tolong saya dan ayahnya membuka celengan miliknya yang sudah penuh. Sebelum memberi izin saya bertanya terlebih dahulu ke Kakak, “Setelah celengan dibuka, uangnya mau dikemanain kak?” Lalu dijawab Kakak, “Mau dibeliin playdoh”. Saya menjawab lagi berusaha mengubah keputusannya, “Playdoh lagi? Coba mainan lain dong Kak”. Kakak tetap pada keputusannya untuk membeli playdoh. Ya sudah, saya pun mengizinkannya. Karena saya juga sering berkata pada Kakak bahwa jika Kakak ingin sesuatu, Kakak harus berusaha lebih dulu. Contoh, jika ingin mainan, silakan beli lewat uang tabungannya Kakak, jangan melulu minta ayah atau bunda. 

Celengan pun dibuka. Kakak membantu menyusun koin-koin sesuai nominalnya. Ayah membantu menghitung uangnya. Alhamdulillah lumayan juga hasilnya. Koin yang ada dikumpulkan jadi satu dalam plastik. Dan rencananya akan ditukarkan oleh Ayah dengan uang kertas. 

#KuliahBunsayIIP

#Tantangan10Hari

#Level8

#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari

#CerdasFinansial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *